-->

Bahaya Tidur Malam

- 20.10

Inilah 9 Bahaya Akibat Sering Begadang Atau Tidur Malam Bagi Pria dan Wanita



1. Menurunnya daya tahan tubuh
Bahaya yang dapat timbul akibat terlalu banyak begadang adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terserang oleh berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, demam, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena saat begadang tubuh dipaksa untuk untuk beraktivitas padahal sudah waktunya untuk istirahat sehingga tubuh tidak dapat istirahat yang dapat mengakibatkan sel-sel tubuh tidak diperbarui dan tubuh tidak dapat membuang racun dengan baik.


2. Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat disebabkan oleh kebiasaan begadang. Penyakit ini dapat mengakibatkan munculnya penyakit mematikan lainnya seperti stroke, gagal jantung, dan serangan jantung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Detroit dan Christoper Drake ternyata hipertensi dapat disebabkan oleh insomnia atau dalam masyarakat Indonesia adalah kebiasaan begadang di malam hari.



3. Terserang penyakit jantung
Saat begadang seseorang akan banyak berhubungan dengan angin malam dan hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Salah satu penyebab serangan jantung adalah terkena angin malam, jadi kurangi begadang jika ingin hidup sehat dan terhindar dari serangan jantung.


4. Stroke
Salah satu Akibat begadang dan bangun siang adalah terserang stroke. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Warwick Medical School disebutkan bahwa jika seseorang tidur selama kurang dari 6 jam sehari maka dapat meningkatkan terkena stroke sekitar 15%.


5. Obesitas
Kebiasaan begadang ternyata dapat memicu obesitas karena metabolisme tubuh semakin lambat. Selain itu tidur kurang dari 6 jam sehari dapat menurunkan kadar hormone dan banyak memicu rasa lapar ditengah malam, hal ini yang menyebabkan terjadinya obesitas. Inilah dampak negatif akibat sering begadang bagi wanita yang tentunya ingin tetap langsing.


6. Alzheimer
Salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh kebiasaan begadang adalah Alzheimer. Penyakit ini merupakan penyakit lupa ingatan baik sementara maupun permanen dan biasanya menyerang orang yang berusia lanjut.


7. Pusing
Kebiasaan begadang dapat menyebabkan seseorang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam dan hal ini dapat memicu rasa pusing dipagi harinya saat bangun tidur. Seseorang yang begadang biasanya akan merasa lesu, tidak semangat, dan merasa pusing waktu bangun dipagi harinya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan mengingat di otak berjalan ketika seseorang tertidur atau beristirahat.


8. Muka pucat
Salah satu ciri fisik seseorang yang begadang semalaman adalah muka pucat serta terdapat lingkaran hitam disekitar bawah mata. Hal ini disebabkan karena tubuh yang tidur kurang dari 6 jam tidak mampu melepaskan hormone kortisol dan juga hormone stress secara maksimal. Kedua hormone ini berfungsi sebagai pemecah kolagen dan protein yang ada dalam kulit sehingga kulit tampak sehat berseri.


9. Stress

Akibat sering begadang dan bangun siang selanjutnya adalah stress atau depresi. Begadang semalaman mampu mempengaruhi psikologis seseorang dan pikiran menjadi tidak tenang, hal ini yang dapat memicu timbulnya stress pada diri seseorang. Jika hal ini berlanjut maka seseorang akan lebih labil dan mudah marah dalam menghadapi suatu permasalahan.

1 komentar:

avatar

wah ngeri ya dampak begadang ternyata, saya suka begadang tapi gak gendut gendut malah yang ada kerempeng. biasanya sih hal ini sering terjadi pada blogger yang sedang bulan madu ma blognya karena tingkat begadangnya lebih tinggi. saya sendiri kadang tidur hanya 3 jam saja, sisanya buat konten dan siangnya kerja. terimakasih min tipsnya,.


EmoticonEmoticon

loading...
 

Start typing and press Enter to search